socmed

Monday, March 16, 2015

Menang Undian? Jangan Langsung Percaya!

 Pagi ini, dapat SMS begini:

sms tipu

Hiyaa.. ada lagi nih. Aku udah tahu sih kalau ini pasti modus. Kali ini aku cuma pengen share aja, hal-hal yang menyebabkanku semakin yakin bahwa ini adalah penipuan.
Too Good To Be True.
Helooo.. rejeki nomplok 15 juta? Bonusku Oriflame aja belum ada sepertiganya.. itu pun harus kerja keras memperjuangkan. Lha ini? Uang gampang.. No, tidak mungkin.

Yuk kita mulai ngecek dari informasi yang tercantum di SMS ya..

Si pengirim SMS mencantumkan contact yang “nampak jelas” disitu, berupa alamat website dan nomer telpon. Untuk kehati-hatian, aku memilih cek website. Dan apa hasilnya? Bisa dilihat pada gambar ini.

fiestapoin 

Wow. Nampak meyakinkan sekilas ya. Ada gambar uangnya, ada foto orang nerima hadiah, ada tombol-tombol link ke fasilitas-fasilitas yang umumnya ada di sebuah corporate website. Alamatnya pun profesional, pake dotcom. Bukan pake embel-embel website gratisan.. Ada list kode pin pemenang, yang kode di SMS ku ada juga di sana. Tapi tunggu.. aku familiar dengan template website ini.
blospot 

Yak benar. Ini template standar di blog gratisan. Aku coba buka blogku yang satu, dan template ini ada di salah satu pilihan. Tampilan di atas, waktu aku coba preview tampilan blog ku kalau diganti dengan template tersebut.

Kesimpulannya: walaupun web (blog sebenarnyaaa) ini bernama dotcom, sebenarnya dia dibuat di platform blog gratisan. Si pembuatnya modal dikit lah, dengan menghilangkan embel-embel nama gratisannya, ya paling cuma beberapa ratus ribu. Bandingkan dengan pendapatan dia dari orang yang setor “pajak hadiah”. Hmmm.. Tidak seberapa. Ya namanya usaha kan butuh modal iya kaaaan..

Selain itu, untuk lebih meyakinkan, coba cari link di web ini yang menuju web utama http://www.indosat.com, atau sebaliknya dari sana ke web ini. Zonk!

Masih belum puas? Cek nomer telepon yang ada di SMS. Bandingkan dengan no telpon yang aku ambil dari website resmi Indosat.

f 

Nah. Sudah cukup kayaknya ya.. Mudah-mudahan teman-teman juga lebih berhati-hati setiap menerima informasi serupa. Oh iya, pihak Indosat juga sudah memberikan warning dengan link berikut ini:
http://indosat.com/id/personal/support/contact-us/waspada-situs-penipuan-mengatasnamakan-indosat

Tulisan ini aku buat karena aku mengalami sendiri. Kemungkinan hal ini bisa terjadi pada pengguna provider lain juga. Semoga bermanfaat ya..

Artikel Asli

No comments: